Friday 28 February 2014

Turbin Ventilator Solusi Mengatasi Panas Atap

Udara panas, didalam rumah terkadang membuat kita merasa kurang nyaman. Terlebih lagi pada musim kemarau, aduh gerah, sedikit mengganggu aktifitas. Kipas angin atau AC hidup seharian. Dan ini akan menambah beban anggaran biaya rumah tangga kita. Nah, boros...

Banyak penyebabnya, kenapa ruangan didalam rumah terasa panas, seperti; sirkulasi udara didalam ruangan kurang begitu baik, sistem ventilasi udara yang kurang memadai, tidak adanya penghijauan disekitar rumah atau juga karena udara panas di atas loteng atau dibawah atap terkurung didalamnya, dan masih banyak lagi penyebabnya.

Pada kesempatan ini, kita coba mencari jalan keluarnya, salah satunya dengan menggunakan Turbin Ventilator. Turbin ventilator ini bisa dikatakan sejenis exhaust fan, hanya pemasangannya diatas atap, dan berfungsi untuk menghisap udara panas ataupun debu sekaligus berfungsi sebagai alat sirkulasi udara. Turbin ventilator, sebelumnya memang telah banyak digunakan pada bangunan-bangunan pabrik, perbengkelan atau perkantoran. Tetapi akhir-akhir ini pemakaiannya sudah merambah ke bangunan rumah tinggal. Pihak-pihak produsen telah menyediakan ukuran atau tipe yang disesuai untuk rumah tinggal.

Prinsip atau Cara Kerja

Kalau exhaust fan menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga penggeraknya, turbin ventilator hanya memamfaatkan tenaga angin. Walau angin yang berhembus sekecil apapun, alat ini akan selalu bergerak, juga memamfaatkan perbedaan suhu/tekanan udara didalam dan diluar ruangan. Sedikit kita menyinggung tentang panas dalam ilmu Fisika, "bahwa kalau udara dipanaskan, akibatnya molekul udara itu akan bergerak lebih cepat dan saling bertabrakan hingga volumenya menjadi lebih besar. Karena jumlah molekulnya sama, maka kepadatannya (Rho) menjadi lebih rendah, akibatnya masa udara menjadi lebih ringan dan akan mengalir keatas" (http://azwarafandi92.blogspot.com/2008/11/energi-alternatif-pemanfaatan-suhu.html)

Jadi, dengan memamfaatkan prinsip kerja dalam ilmu Fisika tersebut, sirip-sirip kipas  turbin ventilator akan bergerak karena adanya tekanan udara panas dibawah atap yang mengalir keatas dan masuk kedalam alat tersebut. Sebagai ilustrasi bisa dilihat pada gambar dibawah ini:


turbin ventilator solusi mengatasi panas atap

Kontruksi:


turbin ventilator solusi mengatasi panas atap


Bahan, Ukuran, dan Cara Pemasangan

Di pasaran, turbin ventilator tersedia dari dua jenis bahan, bahan metal dan policarbonat. Bahan dari metal ini ada dua jenis, terbuat dari almunium dan stenlis. Sementara untuk bahan dari policarbonat, banyak pilihan warna, tersedia delapam buah warna, sehingga dapat menyesuaikan dengan warna bangunan anda. Dimensi Alat ini beragam, mulai dari 18" hingga 36". Untuk pemakaian bangunan rumah tinggal dapat disesuikan dengan volume bangunan itu sendiri.

Pemasangan turbin ventilator dapat mengikuti kemiringan atap hingga 45°. Idealnya, penempatan lebih tinggi daripada puncak atap rumah supaya hembusan angin bergerak bebas mencapai turbin. Dikarenakan pada area bubungan terhalang oleh rangka/balok bubungan, pemasangannya bisa agak ke bawah di mana Anda bisa membuka genteng.

Sebaiknya sebelum Turbin Ventilator dipasang, harus dilakukan survei terhadap posisi rumah (apakah ada tembok rumah tetangga lebih tinggi dari atap rumah kita), dan ukuran ruang yang akan dipasang turbin. Seandainya dinding rumah tetangga lebih tinggi daripada atap rumah, akan dibuatkan cerobong yang memungkinkan posisi ventilator lebih tinggi.

Keuntungan Memakai Turbin Ventilator

  • Dapat mengurangi panas, pengap dan kotor dari ruangan, mengurangi kelembaban. (lihat gambar di bawah)
  • Biaya listrik gratis (operasional gratis) 
  • Bebas biaya pemeliharaan ( Maintenance gratis) 
  • Kuat dan ringan, tidak ada karat, tidak berisik 
  • Membuat ruangan lebih nyaman kerja ( sirkulasi udara normal / layak ) sehingga dapat meningkatkan produktivitas karyawan. 
  • Sesuai untuk berbagai jenis aplikasi atap.


turbin ventilator solusi mengatasi panas atap

Turbin ventilator bukan solusi satu-satunya untuk mengatasi panas di dalam rumah anda, tetapi setidaknya dengan alat ini udara panas di dalam rumah anda dapat teratasi.


Related Post :



Ditulis Oleh : Konterporer2013 ~ Friday 28 February 2014

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Turbin Ventilator Solusi Mengatasi Panas Atap. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Dipersilahkan menyebarluaskan artikel ini, tetapi dengan gaya bahasa anda sendiri, dengan mencantumkan url sumber : http://okarprusik.blogspot.com/2014/02/turbin-ventilator-solusi-mengatasi-panas-atap.html
Comments
1 Comments

1 comment:

 
Copyright © RUMAH DAN FURNITURE MINIMALIS
Powered by Blogger
Contac Us
About Me
Privacy Policy
Disclaimer
Template Created by FThemes | Blogger Theme by Lasantha
Premium Blogger Themes | NewBloggerThemes.com



TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail