Sunday 9 February 2014

ATAP : MENGHITUNG PANJANG JURAI ATAP

Jurai, merupakan salah satu komponen atap. Dalam konstruksi atap jurai ini biasanya terdapat pada model atap limas. Jurai ini biasanya ada dua macam, Jurai Dalam dan Jurai Luar. Jurai dalam biasa disebut juga dengan jurai talang. Jurai dalam ini merupakan pertemuan dua sisi bidang atap pada arah bagian dalam, yang fungsinya untuk menyalurkan tumpahan air hujan pada dua pertemuan bidang atap tersebut.
Sedangkan jurai luar merukan pertemuan dua bidang sisi miring atap pada bagian luar yang membentuk bidang runcing.

Pada masing-masing jurai memerlukan bahan penutupnya, agar atap nantinya tidak bocor. Jurai Dalam memerlukan bahan penutupnya berupa seng plat atau terpal khusus untuk talang, sedangkan pada jurai luar luar bahan penutupnya berupa atap perabung.

Untuk menghitung kebutuhan akan bahan jurai tersebut, tentunya anda perlu mengetahui panjang masing-masing jurai ini. Gimana cara menghitungnya? Cara menghitungnya enggak begitu sulit, anda hanya memerlukan data-data konstruksi atap, seperti lebar kuda-kuda/atap, panjang teritis, tinggi atap dan sudut kemiringan atap.

Okelah, kita coba untuk menghitung panjang jurai. Coba anda perhatikan gambar dibawah ini.


 MENGHITUNG PANJANG JURAI ATAP

 MENGHITUNG PANJANG JURAI ATAP

Misalnya anda mempunyai lebar bangunan 10.00 meter, panjang teritisan 1.00 meter, berarti lebar atap adalah 10.00 m + 2 (1.00 m) = 12.00 meter. Rencana penutup atap anda genteng metal, berarti sudut kemiringan atap () yang disarankan adalah 30° sampai 40°, kita ambil saja ∝ = 40°.
Langkah selanjutnya, menghitung tinggi atap (h) dan lebar alas jurai (d).

Tinggi atap (h) =
 tg 40° x 1/2 lebar atap
 0.839 x 6.00 m
 5,034 m

Lebar alas jurai (d) =
√ { 2(1/2 lebar atap)2}
√ 2(6.00 m)2
8,48 m

Terus Gimana lagi, ya tinggal ngitung panjang jurainya (J)

√ ( 5,034 m + 8, 48 m2 )
√ (25,34 + 71,91)
√ 97,25
9,86 m dibulatkan 10,00 m

Jadi panjang jurai atap kita adalah 10,00 meter, tinggal anda menjumlahkan berapa banyak jurai yang sama ukurannya. Gimana? gampang kan.

Okelah, semoga ada mamfaatnya. Bila anda masih bingung silahkan tuliskan di kotak komentar. Terima kasih.



Related Post :



Ditulis Oleh : Konterporer2013 ~ Sunday 9 February 2014

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul ATAP : MENGHITUNG PANJANG JURAI ATAP. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Dipersilahkan menyebarluaskan artikel ini, tetapi dengan gaya bahasa anda sendiri, dengan mencantumkan url sumber : http://okarprusik.blogspot.com/2014/02/atap-menghitung-panjang-jurai-atap.html

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © RUMAH DAN FURNITURE MINIMALIS
Powered by Blogger
Contac Us
About Me
Privacy Policy
Disclaimer
Template Created by FThemes | Blogger Theme by Lasantha
Premium Blogger Themes | NewBloggerThemes.com



TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail