Saturday 18 May 2013

Cara Mengatasi Rumah Panas

Panas, gerah, aduh gimana nih. Itu keluhan sebagian dari kita ketika udara panas mulai menyelimuti didalam rumah kita. Kondisi tersebut memang sangat menjengkel, terkadang menjadi kendala bagi kita untuk memulai suatu aktifitas. Banyak faktor yang mempengaruhi suhu udara didalam rumah meningkat, baik dari segi struktural ataupun sistem ventilasi udara. Udara panas itu diakibatkan karena sirkulasi udara didalam rumah kita kurang begitu baik. Nah, untuk menyiasatinya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, diantara:

  • Meninggikan kemiringan atap. Bagi kita yang akan memulai membangun rumah, kemiringan atap harus benar-benar kita perhatikan.  Kemiringan atap ini sangat berpengaruh pada suhu dibawahnya. Kemiringan atap yang disarankan berkisar antara sudut 25 derajat sampai 45 derajat. Dengan kemiringan atap yang ideal memungkinkan udara dibawahnya bersikulasi dengan baik Membuat ventilasi udara untuk atap. Ini sebaiknya direncanakan dari awal, sehingga dalam pembuatan ventilasi itu, tidak menggangu estetika dari rumah itu sendiri. Bagi yang sudah terlanjur membangun rumah, kita dapat membuatnya disudut tertentu.
  • Memasangan  turbin ventilator. Alat ini banyak dijual dipasaran dengan berbagai macam merk. Pemasangan dapat mengikuti dari bentuk atap kita. Alat bantu ini tidak menambah beban biaya untuk pengoperasiannya, sebab untuk menggerakkan alat ini dengan menggunakan tenaga angin. Sekecil hembusan angin, alat ini akan bekerja. Turbin ventilator ini cara kerjanya hampir mirip dengan blower,  udara yang  dibawah atap akan dihisap keluar,   sehingga terjadi pertukaran udara secara terus menerus.
  • Memasang lapisan lapisan penyerap panas (insulator) dibawah atap. Bahan ini berupa lembaran almunium poil dengan ketebalan tertentu, yang didalamnya terdapat rongga udara (seperti kardus).Meninggikan plafond/langit-langit. Plafond yang tinggi memungkinkan udara didalam ruangan bersikulasi dengan baik.
  • Memperbanyak ventilasi diatas kuzen pintu atau jendela. Bahannya tergantung kita sendiri, bias dari kayu solid, batu kerawang baik yang terbuat dari semen atau tanah liat yang dilapisi bahan keramik. Modelnyapun beragam, tetapi harus diingat, dalam pemilihan modelnya harus disesuaikan dengan bentuk fasad rumah kita. 
  • Memasang AC, pilihan ini adalah pilihan terakhir. Ac memang cukup membantu untuk mengatasi kondisi ini, tetapi harus diingat, AC memerlukan perawatan berkala dan menambah beban pemakaian listrik, itu berarti menambah beban biaya rumah tangga kita.
Itulah sedikit cara mengatasi udara panas didalam rumah dari penulis, mungkin ada cara lain yang lebih baik, mohon masukanya.Terima kasih.


Related Post :



Ditulis Oleh : Konterporer2013 ~ Saturday 18 May 2013

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Cara Mengatasi Rumah Panas. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Dipersilahkan menyebarluaskan artikel ini, tetapi dengan gaya bahasa anda sendiri, dengan mencantumkan url sumber : http://okarprusik.blogspot.com/2013/05/Cara-Mengatasi-Rumah-Panas.html
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. mendingan pake kipas angin aja om, kan nggak repot

    ReplyDelete
  2. Slots | Borgata Hotel Casino & Spa
    Located just minutes 대구광역 출장안마 from Atlantic City, Slots 성남 출장샵 provides its guests 창원 출장안마 with 순천 출장샵 an in-room spa, as well 부산광역 출장샵 as a restaurant and a fitness center. The Spa offers massage

    ReplyDelete

 
Copyright © RUMAH DAN FURNITURE MINIMALIS
Powered by Blogger
Contac Us
About Me
Privacy Policy
Disclaimer
Template Created by FThemes | Blogger Theme by Lasantha
Premium Blogger Themes | NewBloggerThemes.com



TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail