Saturday 22 February 2014

Mendesain Interior Ruang Makan, Enggak Susah

Ruang Makan, merupakan salah satu ruangan yang ada di dalam rumah kita. Terkadang sebagian dari kita, tidak menyediakan khusus untuk ruangan ini, mungkin alasan keterbatan lahan dan alasan-alasan lainnya. Namun walaupun demikian, kita bisa menyiasatinya dengan cara memfungsi-gandakan satu ruangan. Harus diingat, untuk mendesain khusus untuk ruangan makan saja dan penggabungan dua fungsi ruangan, tentunya akan berbeda cara mendesain atau menatanya.

Teknik mendesain suatu ruangan, saya kira tidak ada ketentuan yang baku. Selera, insting, kejelian dan sedikit keterampilan, itu saja yang diperlukan . Untuk menciptakan kenyamanan interior ruangan ini, yang perlu diperhatikan adalah keselaraskan tata ruangan itu sendiri, baik dari gaya furniture, aplikasi warna cat, sistem pencahayan, sirkulasi udara maupun keterkaitan dengan ruangan lainnya dan sebagainya.



Design Interior Ruang Makan


Memamfaatkan space ruang dapur seperti contoh gambar diatas, ruang makan menyatu dengan area dapur bersih, tentunya memerlukan design khusus. Design interior ruang makan yang menyatu atau berdekatan dengan ruang lain perlu diselaraskan satu dengan yang lainnya, agar harmonisasi antar ruangan itu tetap terasa menyatu. Gambar diatas jelas terlihat, bagaimana  terciptanya harmonisasi dapur bersih sekaligus berfungsi sebagai  ruang makan. Harmonisasi itu tercipta adanya keselarasan antara penataan furniture, keselerasian warna, pemakaian bahan finishing lantai dan sistem pencahayaan yang sangat mendukung terciptanya ruangan yang indah dan modern. Design ini sangat cocok anda terapkan untuk rumah model urban atau rumah yang mempunyai keterbatasan ukuran ruangan. Anda dapat menggabungkan dua fungsi ruangan dalan satu tempat.


Kebiasaan cara makan. Selain faktor diatas, untuk menentukan gaya  sekaligus menata interior ruang makan, juga tergantung  kebiasaan cara makan anggota keluarga anda. Mungkin ada diantara kita lebih nyaman makan dengan gaya lesehan, seperti halnya kebiasaan cara makan orang Jepang atau cara makan kebanyakan orang yang tinggal dipedesaan. Dan saya sendiri pun lebih nyaman makan dengan gaya pedesaan, emang saya tinggal di desa kok, he..he.


Design Interior Ruang Makan



Terkesan luas, bagi anda yang mempunyai ukuran ruang makan yang minim, anda dapat memanipulasi ruangan ini terkesan luas dengan pemamfaatan bukaan jendela yang lebar dan pemakaian warna cerah atau terang.  Seperti dua contoh gambar dibawah ini, luas ruang makan yang minim terkesan luas, dengan pemamfaatan unsur-unsur yang saya sebutkan diatas. Pemilihan meja makan berbentuk bundar dan dengan minim perabot pendukung memungkinkan tersisanya untuk ruang gerak.




Design Interior Ruang Makan


Pada intinya untuk mendesign interior ruang makan tidak terlepas dari fungsi utamanya, kenyaman dan kesehatan ruangan itu sendiri. Peletakkan ruang makan itu sendiri bisa menjadi  point sendiri, bila pemilihan design ruang makan yang tepat. Masih banyak unsur yang dapat mengubah ruangan yang satu ini menjadi ruang yang hangat dan dapat menjalin keakraban seluruh anggota keluarga. Dan yang pasti, tentunya sesuai dengan selera anda.





Related Post :



Ditulis Oleh : Konterporer2013 ~ Saturday 22 February 2014

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Mendesain Interior Ruang Makan, Enggak Susah. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Dipersilahkan menyebarluaskan artikel ini, tetapi dengan gaya bahasa anda sendiri, dengan mencantumkan url sumber : http://okarprusik.blogspot.com/2014/02/desain-interior-ruang-makan.html

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © RUMAH DAN FURNITURE MINIMALIS
Powered by Blogger
Contac Us
About Me
Privacy Policy
Disclaimer
Template Created by FThemes | Blogger Theme by Lasantha
Premium Blogger Themes | NewBloggerThemes.com



TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail